Page 83 - 32 Tahun Universitas Terbuka : Empat Windu Membagun Negeriku
P. 83
Perkembangan Sistem Layanan
Tutorial Telepon mahasiswa mengirimkan jawaban soal latihan
Tutorial Telepon adalah bantuan belajar dan atau hasil tugas. Tutor menanggapi jawaban atau
bimbingan yang disampaikan melalui telepon. hasil pekerjaan mahasiswa dan mengulas kembali
Mahasiswa memperoleh materi tutorial dari materi yang telah dibahas selama tutorial selama
tutor yang disampaikan melalui telepon, yang 60 menit (Universitas Terbuka, 2004).
lokasinya sudah disetujui Kepala UPBJJ-UT terkait.
Tutorial Telepon hanya dilaksanakan pada saluran Kegiatan Tutorial Telepon menggunakan saluran
telepon di tempat-tempat tertentu saja yang telepon yang telah ada dengan memanfaatkan
digunakan bersama-sama secara berkelompok. layanan PERMATA (Pertemuan melalui Telepon
Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya Anda) yang disediakan oleh PT Telkom Tbk.
pulsa dan mempermudah pengadministrasian. Dengan menggunakan layanan ini, maksimal 30
Kegiatan Tutorial Telepon diawali paparan nomor sambungan telepon dapat terhubung
materi mata kuliah oleh tutor dari UT Pusat secara simultan di berbagai daerah yang berbeda
selama 60 menit kemudian dilanjutkan dengan sehingga terjadi konferensi. Melalui layanan
memberikan kesempatan kepada mahasiswa PERMATA, mahasiswa yang berada di lokasi
untuk mengajukan pertanyaan atau tanggapan tutorial dapat berhubungan dengan tutor yang
terhadap materi tutorial. Kemudian tutor berada di UT Pusat.
menanggapi pertanyaan atau respons mahasiswa
selama 30 menit dan mengirimkan soal latihan Layanan tutorial telepon ini tidak terlalu
melalui mesin faksimili kepada seluruh lokasi dimanfaatkan oleh mahasiswa. Mahasiswa yang
tutorial. Sementara mahasiswa mengerjakan tercatat pernah mengikuti layanan tutorial
tugas atau soal latihan saluran telepon dimatikan. telepon adalah mahasiswa di UPBJJ-UT Pontianak
Saluran telepon dibuka kembali setelah yang mengambil mata kuliah ADPU4500 Tugas
77