Page 113 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 113
Pribadi, Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Suplemen ....
dua pendekatan. yaitu berjenjang (hierarkis) dan berkelompok
(kluster)
Bahan ajar dengan menggunakan pendekatan berjenjang
terdiri dari sekumpulan modul yang harus dipelajari secara
bertahap dan sistematis. Siswa harus mempelajari setiap
subtopik yang terdapat dalam modul dengan cara berjenjang.
Dengan kata lain, siswa dipersyaratkan untuk menguasai atau
memiliki pemahaman yang baik terhadap satu subtopik sebelum
mempelajari subtopik lain yang lebih tinggi jenjangnya.
Sebaliknya, bahan ajar yang menggunakan sistem berkelompok
tidak mengharuskan siswa untuk belaJar secara berjenjang. Siswa
bebas memilih subtopik yang akan dipelajari lebih dahulu sesuai
dengan kebutuhan belajarnya.
2. Self Contained
Dalam PJJ, terbatasnya pertemuan tatap muka antara
siswa dengan sumber belajar memerlukan aplikasi pendekatan
lain dalam mendesain bahan ajar. Sifat self contained mempunyai
makna bahwa setiap bahan ajar perlu memuat secara lengkap
materi atau substansi materi keilmuan yang perlu dipelajari siswa
sehingga diaplikasikan secermat mungkin Melalui bahan ajar
yang bersifat self contained ini, siswa akan dapat mempelajari
seluruh substansi keilmuan secara utuh yang terdapat dalam
sebuah bahan ajar.
3. Self Instruction
lstilah self instruction dalam bahan ajar PJJ diartikan
bahwa bahan ajar harus mampu membuat siswa belajar secara
mandiri dengan bantuan yang relatif minimum dari tutor. Bahan
ajar yang bersifat self instruction, apapun jenisnya, harus didesain
100