Page 113 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 113

Pribadi,  Pengembangan dan  Pemanfaatan  Bahan  Ajar Suplemen ....



          dua  pendekatan.  yaitu  berjenjang  (hierarkis)  dan  berkelompok
          (kluster)
                 Bahan  ajar dengan menggunakan  pendekatan berjenjang
          terdiri  dari  sekumpulan  modul  yang  harus  dipelajari  secara
          bertahap  dan  sistematis.  Siswa   harus   mempelajari  setiap
          subtopik  yang  terdapat  dalam  modul  dengan  cara  berjenjang.
          Dengan  kata  lain,  siswa  dipersyaratkan  untuk  menguasai  atau
          memiliki  pemahaman  yang  baik terhadap  satu  subtopik  sebelum
          mempelajari  subtopik  lain   yang   lebih   tinggi  jenjangnya.
          Sebaliknya,  bahan  ajar  yang  menggunakan  sistem  berkelompok
          tidak mengharuskan siswa untuk belaJar secara berjenjang.  Siswa
          bebas  memilih  subtopik  yang  akan  dipelajari  lebih  dahulu  sesuai
          dengan kebutuhan belajarnya.


          2.  Self  Contained

                 Dalam  PJJ,  terbatasnya  pertemuan  tatap  muka  antara
          siswa  dengan  sumber  belajar  memerlukan  aplikasi  pendekatan
          lain dalam mendesain bahan ajar.  Sifat self contained mempunyai
          makna  bahwa  setiap  bahan  ajar  perlu  memuat  secara  lengkap
          materi atau  substansi  materi  keilmuan  yang  perlu  dipelajari siswa
          sehingga  diaplikasikan  secermat  mungkin  Melalui  bahan  ajar
          yang  bersifat  self contained  ini,  siswa  akan  dapat  mempelajari
          seluruh  substansi  keilmuan  secara  utuh  yang  terdapat  dalam
          sebuah bahan ajar.


          3.  Self Instruction
                 lstilah  self  instruction  dalam  bahan  ajar  PJJ  diartikan
          bahwa  bahan  ajar  harus  mampu  membuat  siswa  belajar  secara
          mandiri  dengan  bantuan  yang  relatif  minimum  dari  tutor.  Bahan
          ajar yang  bersifat self instruction,  apapun jenisnya, harus didesain



          100
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118