Page 135 - 28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Fakultas dan Program Pascasarjana
P. 135

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam                                                                                                                                                                       28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa













                  Hewin menyatakan bahwa pengetahuan dan                      Salah satu kebijakan yang diberikan oleh ibu                                           Hewin menambahkan, saat ini teknologi sudah berkembang pesat dan semakin banyak mahasiswa UT

                  pengalaman di lapangan yang diperoleh selama                tiga orang anak ini selama menduduki jabatan                                           yang mudah melakukan akses pada perangkat komputer. Oleh karena itu, perlu ada praktikum yang
                  menjalankan pekerjaan akan menjadikan sesuatu               sebagai Dekan FMIPA UT adalah pemberian                                                memanfaatkan teknologi komputer sebagai salah satu alternatif layanannya. Ia pun menyatakan bahwa
                  lebih berguna dan tidak akan tergantikan dalam              alternatif pembelajaran kepada mahasiswa                                               kompetensi mahasiswa memang dituntut untuk menguasai pemahaman terhadap aspek kognitif
                  merajut UT di masa depan. Oleh karena itu, ia               dengan menggunakan simulasi berbantuan                                                 (pengetahuan) dan afektif (sikap) sehingga mahasiswa dapat melakukan praktikum di tempat mereka

                  pun berharap agar komponen UT tidak terlalu                 komputer yang disebut dry lab kependekan dari                                          berada serta tidak harus datang ke tempat praktikum. “Namun, perlu ada tujuan dan rambu-rambu yang
                  terkungkung oleh rutinitas dan tetap perlu                  dry laboratorium. ”Salah satu proses pembelajaran                                      jelas. Nah, kompetensi mahasiswanya adalah menuntut mereka untuk menguasai aspek psikomotor
                  memandang jernih setiap upaya penyelesaian                  yang wajib dilakukan oleh mahasiswa dari                                               meskipun tidak ada keharusan untuk datang ke laboratorium dan mendapatkan pembimbingan secara
                  masalah. Keandalan, kesigapan, serta kreativitas            beberapa program studi adalah praktikum. Oleh                                          intensif.”

                  dalam bekerja saja tidaklah cukup. Ia pun                   karena itu, perlu dipikirkan alternatif pembelajaran
                  menilai bahwa perlu ada etika dan kejujuran                 sehingga mahasiswa dapat melakukan praktikum                                           Saat ini, sebagian besar praktikum yang tidak memerlukan keterampilan psikomotorik sudah tersedia
                  yang melandasi semua itu. “Keandalan dan                    di tempat mahasiswa tersebut berada. Hal itu                                           dalam bentuk dry lab. Untuk itu, perlunya sosialisasi agar program yang sudah dirancang dan dipersiapkan
                  kesigapan dapat diperoleh dari pengalaman dan               untuk menghemat waktu dan biaya praktikum,                                             tersebut dapat dimanfaatkan dan dinikmati secara maksimal oleh mahasiswa.

                  training-training sesuai yang dibutuhkan. Akan              mengingat ketidakharusan untuk datang ke
                  tetapi, kejujuran dan niat untuk melayani yang              tempat praktikum yang jaraknya cukup jauh.
                  terbaik harus tertanam kokoh di hati yang paling
                  dalam. Tugas semua pimpinan juga untuk selalu

                  mengingatkan dan memberi contoh,” lanjutnya.





















                  132                                                                                                                                                                                                                                                             133
   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140