Page 292 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 292

Pengembangan  akademik  yang  dilaksanakan  meliputi  bidang:

                                             1) kurikulum tertentu, 2) bahan ajar, 3) tutorial, dan 4) ujian.


                                             1.  Kurikulum
                                                 Proses  belajar  mengajar  di  dunia  pendidikan  dapat  berlang-

                                             sung  apabila  telah  memiliki  kurikulum  sebagai  acuannya.  Pada
                                             awalnya  kurikulum  dibuat  bersama-sama  dengan  para  ahli  dari

                                             PTN.  Perkembangan  berikutnya  UT  yang  mengembangkan,  un-
                                             tuk  kemudian  meminta  para  mitra  kerja  menelaahnya.  Sebalik-

                                             nya,  para  mitra  kerja  meminta  kepada  UT  untuk  mengembang-
                                             kan  kurikulum,  kemudian  baru  dibahas.  Dalam  hal  ini  apakah

                                             pihak  luar  yang  meminta  atau  UT  sendiri  yang  meminta,  pada
                                             akhirnya  kurikulum  tersebut  dibahas  bersama-sama.  Para  mitra

                                             di  luar  PTN  biasanya  berasal  dari  kalangan  tokoh  masyarakat
                                             seperti  para  pakar,  usahawan,  atau  pengguna  jasa  dalam

                                             pendidikan.


                                             2.  Bahan Ajar
                                                 Bahan  ajar  (modul)  yang  dikembangkan  di  UT  dibagi  men-

                                             jadi  dua  bagian  yaitu  bahan  ajar  tercetak  dan  bahan  ajar
                                             noncetak dalam bentuk rekaman dan siaran audio/video. Seperti

                                             halnya  pengembangan  kurikulum,  pengembangan  bahan  ajar
                                             juga  melibatkan  para  ahli  dari  PTN.  Namun,  tidak  tertutup

                                             kemungkinan  bantuan  para  ahli  yang  datang  dari  dunia  usaha
                                             atau  instansi  lain  yang  memiliki  kompetensi  tinggi  untuk  hal

                                             itu.  Untuk  mata  kuliah  ekonomi,  misalnya,  UT  dapat  meman-
                                             faatkan  para  pakar  ekonomi  ternama  dari  Universitas  Gadjah

                                             Mada  sebagai  penulis  modul  mata  kuliah  bidang  ekonomi.
                                             Sedangkan  dunia  usaha  atau  instansi  lain,  yang  memiliki  pakar


                                             268
   287   288   289   290   291   292   293   294   295   296   297