Page 292 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 292
Pengembangan akademik yang dilaksanakan meliputi bidang:
1) kurikulum tertentu, 2) bahan ajar, 3) tutorial, dan 4) ujian.
1. Kurikulum
Proses belajar mengajar di dunia pendidikan dapat berlang-
sung apabila telah memiliki kurikulum sebagai acuannya. Pada
awalnya kurikulum dibuat bersama-sama dengan para ahli dari
PTN. Perkembangan berikutnya UT yang mengembangkan, un-
tuk kemudian meminta para mitra kerja menelaahnya. Sebalik-
nya, para mitra kerja meminta kepada UT untuk mengembang-
kan kurikulum, kemudian baru dibahas. Dalam hal ini apakah
pihak luar yang meminta atau UT sendiri yang meminta, pada
akhirnya kurikulum tersebut dibahas bersama-sama. Para mitra
di luar PTN biasanya berasal dari kalangan tokoh masyarakat
seperti para pakar, usahawan, atau pengguna jasa dalam
pendidikan.
2. Bahan Ajar
Bahan ajar (modul) yang dikembangkan di UT dibagi men-
jadi dua bagian yaitu bahan ajar tercetak dan bahan ajar
noncetak dalam bentuk rekaman dan siaran audio/video. Seperti
halnya pengembangan kurikulum, pengembangan bahan ajar
juga melibatkan para ahli dari PTN. Namun, tidak tertutup
kemungkinan bantuan para ahli yang datang dari dunia usaha
atau instansi lain yang memiliki kompetensi tinggi untuk hal
itu. Untuk mata kuliah ekonomi, misalnya, UT dapat meman-
faatkan para pakar ekonomi ternama dari Universitas Gadjah
Mada sebagai penulis modul mata kuliah bidang ekonomi.
Sedangkan dunia usaha atau instansi lain, yang memiliki pakar
268