Page 126 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 126
kebutuhan untuk mengembangkan program audiografis muncul
kembali karena materi yang terdapat pada bahan ajar cetak
dirasakan kurang menjelaskan konsep yang ingin dikemukakan.
Hal ini antara lain terasa pada penjelasan penurunan rumus,
pembuatan grafik, terutama pada materi-materi yang memerlu-
kan hitungan, gambar atau bagan. Berdasarkan kondisi itu,
maka diperlukan tambahan teks dan gambar di luar bahan ajar
cetak dan untuk menjelaskan konsep atau menganalisis atau
membaca grafis dibantu dengan menggunakan suara tutor
melalui kaset audio. Teks dan gambar ini diletakkan pada bagi-
an belakang BMP atau terlepas dalam bentuk buku tersendiri
atau di dalam sampul kaset. Program audio grafis juga diguna-
kan sebagai pelengkap paket bahan ajar multimedia. Hingga
saat ini 12 mata kuliah dilengkapi dengan program audiografis.
Program Pembelajaran Berbantuan
Komputer
Sejalan dengan perkembangan teknologi yang luar biasa, UT
berupaya untuk memanfaatkan teknologi untuk mengemas
bahan ajar yang disampaikan kepada mahasiswa. Pada era 1992
-1996 Rektor kedua UT, Prof B. Suprapto memperkenalkan
media baru yang dapat dimanfaatkan oleh UT yaitu media
berbantuan komputer atau yang dikenal dengan sebutan pembe-
lajaran berbantuan komputer (PBK). Pada periode tersebut
sejumlah tim dibentuk untuk mengembangkan program belajar
berbantuan komputer. Program ini berbasis komputer yang
mengetengahkan teks dan gambar animasi. Dengan kemampuan
interaktif yang dimiliki, media ini selain dapat menjelaskan
103