Page 30 - Glosarium Istilah Pendidikan Tinggi dan Jarak Jauh Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
P. 30

formatif  yang  terangkum  dalam  bahan
                           ajar  dengan  konsep  self-evaluasion
                           tanpa melibatkan tutor, tetapi dilakukan
                           oleh  diri  mahasiswa  sendiri  serta  tes
                           formatif  yang  melibatkan  mahasiswa
                           dan  tutor  pengampu.  Tes  formatif
                           dengan melibatkan mahasiswa dan tutor
                           dilakukan melalui tuton, TTM, dan tugas
                           mandiri.  tes   sumatif,   dikembangkan
                           Untuk
 E                         berdasarkan   seluruh   kompetensi
                           yang  terdapat  pada  BMP  (bahan  ajar
                           cetak).  Seperti  tes  formatif  tipe  satu,
                           pengembangan  tes  sumatif  dilakukan

 E                         dengan prosedur baku yang melibatkan                        E
                           ahli  materi  sebagai  pengembang  dan
                           penelaah  soal.  Tes  sumatif  disusun
                           berdasarkan  topologi  Bloom  dengan
                           tingkat  kesukaran  sebesar  25%  mudah,
                           50% sedang, dan 25% sukar. Tes sumatif
                           dilaksanakan pada akhir kegiatan belajar
                           mengajar sebagai ukuran dari hasil proses
                           belajar  mengajar  yang  dilaksanakan
                           selama satu semester.



                     Evaluasi Hasil Belajar (EHB) :: Learning Outcome                 GLOSARIUM ISTILAHPENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH (PTJJ) BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS
                     Evaluation
                           Universitas  Terbuka  telah  memiliki
                           sistem  EHB  melalui  pengelolaan  yang
                           komprehensif,  yang  terkait  secara  utuh
                           serta  sinergis  antara  pengelolaan  yang
                           bersifat  edukatif  dan  administratif.
                           Sampai saat ini, dalam pedoman sistem
                           jaminan  kualitas  tentang  Pengelolaan
                           Penilaian Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa
                           – UT tahun 2004, dinyatakan bahwa jenis
                           evaluasi hasil belajar yang diterapkan di





                                                                                     19
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35