Page 23 - 20 Tahun Universitas Terbuka : Dulu, Kini, dan Esok
P. 23

Masalah  yang  dihadapi  UT  selama  ini  bukanlah  dalam  hal
             pengelolaan waktu,  tetapi  dalam hal  operasional pembelajaran jarak
             jauh.  Unit  operasional  utama  adalah  fakultas.  Fakultas  bertugas
             menyusun  kurikulum  dan  menentukan  standar  mutu.  Berdasarkan
             kurikulum, disusun garis besar program  pengajaran (GBPP), kemudi-
             an  dituangkan  dalam  penulisan  bahan  ajar  yang  disusun  dalam
             bentuk modul. Bahan ajar ini digandakan,  kemudian didistribusikan
             kepada  mahasiswa  UT  yang  telah  melakukan  registrasi,  yang
             tersebar di berbagai wilayah  Indonesia (termasuk di beberapa negara
             di luar Indonesia)  untuk dipelajari.  Dalam  waktu  tertentu,  diadakan
            evaluasi  untuk  mengukur  tingkat  kemampuan  mahasiswa  setelah
             mereka  mempelajari  mata  kuliah  secara  mandiri.  )aringan  unit
             operasional  ini  meliputi  unit utama  yaitu  fakultas,  dengan  berbagai
             unit  pendukungnya  yaitu  pusat  penerbitan  bahan  ajar,  registrasi,
            pusat distribusi, pusat pengujian, dan pusat komputer.
            jaringan  operasional  tersebut  sangat  vital  bagi  kelangsungan  per-
            guruan  tinggi  jarak jauh  seperti  UT,  tidak  dikenal  dalam  perguruan
             tinggi  tatap  muka.  Perguruan tinggi  tatap muka mempunyai masalah
            dalam  keterbatasan  ruang,  waktu,  dan  tenaga  pengajar;  sedangkan
             UT mempunyai masalah dalam hal operasional.  Demikianlah perbe-
            daan antara  UT dengan perguruan tinggi  konvensional.  Oleh karena
            itu,  pendidikan  tinggi  jarak  jauh  seyogianya  mempunyai  landasan
            hukum  dan  peraturan  tersendiri  yang  berbeda  dengan  perguruan
            tinggi  tatap  muka.  Dengan  adanya  peraturan  tersebut,  pendidikan
            tinggi  jarak  jauh  (PTJJ)  akan  memiliki  pijakan  yang  jelas  dalam
            mengembangkan  institusinya, serta  lebih mudah memberikan  layan-
            annya kepada mahasiswa.

            Buku  ini memberikan gambaran  perjalanan  panjang  UT selama dua
            puluh  tahun,  yang  menunjukkan  perbedaan  karakteristik  antara
            perguruan  tinggi  tatap  muka  dengan  perguruan  tinggi  jarak  jauh.
            Berbeda  dengan  buku-buku  sejenis  yang  ditulis  dalam  rangka




            X
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28