Page 176 - bnbb_301_r
P. 176

JENDELA LITERASI GENERASI BANGSA

              Koleksi  Perpustakaan: meliputi  karya cetak atau   karya grafis,  karya

            noncetak atau  karya rekam,  karya dalam bentuk mikro, dalam bentuk
            elektronik, serta materi perpustakaan yang diasosiasikan dengan
            komputer, e-book dan  e-journal.

              Koleksi terbuka: Jenis  koleksi perpustakaan yang dapat diakses oleh
            masyarakat umum.


                Koleksi tertutup: Jenis  koleksi perpustakaan yang hanya dapat diakses
            bagi kalangan tertentu saja, sesuai dengan kebijakan masing-masing
            perpustakaan.

            Literasi: Kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan,
            membuat, mengkomunikasikan, dan menghitung menggunakan materi
            cetak maupun tertulis terkait berbagai konteks.(UNESCO)

              Literasi  Dasar:  kemampuan  untuk  mendengarkan,   berbicara,
            membaca, menulis, dan menghitung terkait kemampuan analisis untuk
            memperhitungkan, mempersepsikan informasi, mengkomunikasikan,
            serta menggambarkan informasi berdasarkan pemahaman dan
            pengambilan kesimpulan pribadi.

              Literasi Dini: kemampuan untuk menyimak bahasa lisan, serta
            berkomunikasi melalui gambar dan lisan yang dibentuk oleh pengalaman
            berinteraksi dengan lingkungan sosial.

              Literasi Informasi: kemampuan untuk mengidentifikasi, menentukan,
            mengevaluasi, menciptakan secara efektif dan terorganisasi, serta
            menggunakan dan mengkomunikasikan informasi untuk mengatasi
            berbagai persoalan.

            Literasi Media: kemampuan memahami dan menggunakan berbagai
            bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik (radio
            dan televisi), serta ragam media komunikasi dan media sosial digital
              internet, termasuk memahami manfaat dan tujuan penggunaannya.

              Literasi  Perpustakaan: kemampuan memberikan pemahaman cara
            membedakan bacaan diksi dan nonfiksi, memanfaatkan koleksi referensi

            162
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181