Page 5 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 5
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
PENGANTAR iii
Pandemi Covid-19 telah memberikan pembelajaran luar biasa pada
sistem pendidikan tinggi kita. Kondisi pandemik yang mengharuskan
kita mengubah sistem pembelajaran tatap muka ke sistem
pembelajaran jarak jauh, khususnya secara daring, menunjukkan
betapa sistem pendidikan tinggi kita selama ini sangat ringkih dan
kurang fleksibel. Perguruan tinggi banyak yang tidak siap dan tergagap-
gagap melaksanakan pembelajaran daring sebisa yang dapat dilakukan.
Namun, pengalaman tersebut juga menunjukkan kepada kita bahwa
banyak dosen dan mahasiswa kemudian menyukai dan mengapresiasi
pembelajaran jarak jauh dan daring. Sejatinya, pembelajaran jarak jauh
dan daring memang menawarkan peningkatan dari segi fleksibilitas
ruang belajar, waktu belajar, dan bahkan materi pembelajaran. Selama
hampir tiga tahun kita melakukan pembelajaran daring di masa
pandemik, banyak perguruan tinggi yang kemudian mempertahankan
metode pembelajaran ini untuk mensubstitusi dan atau memperkaya
pembelajaran tatap muka di dalam kelasnya. Metode pembelajaran
bauran atau blended learning menjadi populer di beberapa perguruan
tinggi dan mahasiswa.
Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran jarak jauh secara
daring merupakan masa depan pendidikan secara global, termasuk
di Indonesia. Berlimpahnya sumber pembelajaran terbuka (OERs) dan
perkuliahan terbuka (MOOCs) merupakan salah satu bukti bahwa
masyarakat dunia telah mengarus-utamakan pembelajaran terbuka dan
jarak jauh. Indonesia pun telah menyediakan banyak OERs dan MOOCs,
dan ini merupakan sumberdaya pembelajaran yang harus dimanfaatkan
oleh perguruan tinggi dan mahasiswa kita.
Dalam konteks inilah buku ini menjadi sangat relevan. Buku ini
mendiskusikan berbagai pendekatan penjaminan mutu pembelajaran
jarak jauh, baik yang bauran maupun sepenuhnya daring, yang
digunakan di berbagai belahan dunia. Berbagai kerangka dan standar
penjamainan mutu yang disajikan dapat memberi wawasan dan
inspirasi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pembelajaran
jarak jauh yang dilakukannya. Demikian juga, kerangka penjaminan
mutu sumber pembelajaran Terbuka yang didiskusikan dalam buku
ini dapat membantu perguruan tinggi dalam mengembangkan dan
memanfaatkan berbagai OERs yang tersedia di Internet. Contoh