Page 5 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 5

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
         PENGANTAR                                                      iii


         Pandemi Covid-19 telah memberikan pembelajaran luar biasa pada
         sistem pendidikan tinggi kita. Kondisi pandemik yang mengharuskan
         kita  mengubah  sistem  pembelajaran  tatap  muka  ke  sistem
         pembelajaran jarak jauh, khususnya secara daring, menunjukkan
         betapa sistem pendidikan tinggi kita selama ini sangat ringkih dan
         kurang fleksibel. Perguruan tinggi banyak yang tidak siap dan tergagap-
         gagap melaksanakan pembelajaran daring sebisa yang dapat dilakukan.
         Namun, pengalaman  tersebut juga menunjukkan kepada kita bahwa
         banyak dosen dan mahasiswa kemudian menyukai dan mengapresiasi
         pembelajaran jarak jauh dan daring. Sejatinya, pembelajaran jarak jauh
         dan daring memang menawarkan peningkatan dari segi fleksibilitas
         ruang belajar, waktu belajar, dan bahkan materi pembelajaran. Selama
         hampir tiga tahun kita melakukan pembelajaran daring di masa
         pandemik, banyak perguruan tinggi yang kemudian mempertahankan
         metode pembelajaran ini untuk mensubstitusi dan atau memperkaya
         pembelajaran tatap muka di dalam kelasnya. Metode pembelajaran
         bauran atau blended learning menjadi populer di beberapa perguruan
         tinggi dan mahasiswa.

         Penyelenggaraan  pendidikan  dan pembelajaran  jarak jauh  secara
         daring merupakan masa depan pendidikan secara global, termasuk
         di Indonesia. Berlimpahnya sumber pembelajaran terbuka (OERs) dan
         perkuliahan terbuka (MOOCs) merupakan salah satu bukti bahwa
         masyarakat dunia telah mengarus-utamakan pembelajaran terbuka dan
         jarak jauh. Indonesia pun telah menyediakan banyak OERs dan MOOCs,
         dan ini merupakan sumberdaya pembelajaran yang harus dimanfaatkan
         oleh perguruan tinggi dan mahasiswa kita.


         Dalam  konteks  inilah  buku  ini  menjadi  sangat  relevan.  Buku  ini
         mendiskusikan berbagai pendekatan penjaminan mutu pembelajaran
         jarak jauh, baik yang bauran maupun sepenuhnya daring, yang
         digunakan di berbagai belahan dunia. Berbagai kerangka dan standar
         penjamainan  mutu yang disajikan dapat memberi wawasan dan
         inspirasi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pembelajaran
         jarak jauh yang dilakukannya. Demikian juga, kerangka penjaminan
         mutu sumber pembelajaran  Terbuka yang didiskusikan dalam buku
         ini  dapat  membantu  perguruan  tinggi  dalam  mengembangkan  dan
         memanfaatkan berbagai OERs yang tersedia di Internet. Contoh
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10