Page 53 - Membangun SDM Unggul melalui Digital Learning Ecosystem
P. 53
MEMBANGUN SDM UNGGUL
MELALUI DIGITAL LEARNING ECOSYSTEM
52 Tutorial Online (Tuton) dan Blackboard sebagai Learning Management
E-learning merupakan satu kegiatan System (LMS). Saat itu terasa ada ketergantungan
pembelajaran yang sangat penting di UT. yang sangat besar kepada vendor, yang membuat
E-learning memungkinkan mahasiswa belajar berbagai kendala teknis tidak dapat segera
di mana saja dan kapan saja, selama tersedia terselesaikan. Sejak saat itu sampai saat ini, UT
jaringan internet. Inilah kegiatan pembelajaran menggunakan LMS Moodle dengan laman http://
yang cocok dengan UT. Layanan tutorial online/ elearning.ut.ac.id.
elektronik UT dibuat untuk memfasilitasi
mahasiswa yang tidak dapat berkumpul dalam Tantangan utama yang dihadapi aplikasi e-learning.
satu lokasi atau kelompok belajar. ut.ac.id adalah server yang tidak stabil karena
jumlah mahasiswa UT yang semakin bertambah.
Tujuan utama tutorial online atau tuton adalah Selain itu, mahasiswa dan tutor semakin advance
memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dan dalam penggunaan fitur e-learning.ut.ac.id
tutor dalam proses pembelajaran, sedangkan sehingga UT perlu memberikan layanan yang
manfaat tuton adalah mahasiswa memiliki lebih baik. Dengan demikian, kedepannya UT
wadah untuk berinteraksi dengan tutor secara harus terus berupaya mencari solusi agar fitur
asynchronous. Tuton menjadi pilihan yang baik e-learning dapat digunakan maksimal dengan
bagi mahasiswa yang masih terkendala jaringan server yang lebih stabil. Selain tantangan dalam
untuk mengakses tutorial webinar (tuweb). Selain pengembangan sistem, terdapat tantangan
itu, tuton menawarkan pembelajaran yang lebih dalam pengembangan bahan materi tuton.
fleksibel dari segi waktu. Pada tahun 2018, pimpinan UT mengeluarkan
kebijakan untuk mengembangkan standarisasi
Layanan pembelajaran e-learning di UT bahan materi tuton bagi semua mata kuliah dan
sudah dimulai hampir dua puluh tahun lalu. pengembangan kelas master tuton. Sejak adanya
Saat itu, e-learning masih berupa mailing list. standarisasi bahan materi tuton dan kelas master
Perkembangan berikutnya, pada tahun 2002- tuton tersebut, pelaksanaan tuton menjadi lebih
2003 ketika UT mulai menggunakan platform tertata.
e-learning. Saat itu UT menggunakan Manhattan