Page 115 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 115
Peran UT pada
Fase Pandemi Covid-19
91
Dari penelitian ini diperoleh data bahwa 81,8% pada pembelajaran daring, dibandingkan pada
partisipan memiliki akses terhadap komputer/ pembelajaran tatap muka. Dari sisi kecepatan
laptop dan akses terhadap internet, 93,3% tutor tuton dalam memberikan feedback
partisipan setuju bahwa teknologi informasi kepada mahasiswa, diperoleh data bahwa 70,4%
membuat proses pembelajaran menjadi lebih partisipan menyatakan bahwa tutor tuton UT
efektif. Terkait kemampuan partisipan untuk memberikan feedback secara cepat.
mencari berbagai sumber informasi melalui
internet, mayoritas partisipan berada pada
level mahir sebanyak 40,3%, mahir sekali 27,3%,
sedang 24,8%, dan sisanya kurang dan tidak
mahir sebesar 5%. Data riset juga menunjukkan
bahwa 72,4% partisipan lebih sering berinteraksi