Page 433 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 433

CukmmJ/a f't:!l(/idikan  2



         masih  pada  pemaduan  program  video  yang  telah  ada  ke  dalam
         bahan  ajar  suplemen  berbasis  web  yang  d1kembangkan.
         Sedangkan  dari  sudut  interaktivitas,  e-learning  UT  menekankan
         kepada  komunikasi  asinkronus  dan  belum  memantaatkan
         kekuatan  Internet yang  dapat memfasilitasi  kornunikasi sinkronus.
         Namun  demikian,  pemilihan  jenis  pemantaatan  e-leaming  ini
         didasarkan  pada  situasi  dan  kondisi  mahasiswa  yang  pada
         umumnya memiliki kendala  untuk berkomunikasi secara terjadwal
         dan  real time.
                Untuk  kondisi  hingga  tahun  2002  ini,  bentuk  e-learning
         dianggap yang paling sesuai karena pada dasarnya layanan UT di
         Internet  ini  semuanya  masih  bersitat  supplementary.  Artinya,
         mahasiswa  dapat  memanfaatkan  layanan  tersebut  secara
         sukarela dan mereka diJamin akan memperoleh rnateri aJar secara
         penuh melalui modul tercetak.


         D.  Penutup

                E-learning  merupakan  suatu  Jargon  baru  yang  mengacu
         pada  model  pembelajaran  melalui  Internet.  Walaupun  huruf  "e"
         yang  melekat  pada  istilah  tersebut  meruJuk  pada  kata  elektronik,
         istilah  e-learning  tidak  diasosiasikan  dengan  med1a  elektronik
         lainnya  seperti  televisi,  radio,  dan  audio/video  kaset/CD.
         Demikian  pula,  walaupun  teknologi  e-learning  memungkinkan
         dirancangnya  suatu  proses  pembelajaran  on-line  dan  1nteraktif
         (real  time)  sepenuhnya,  penerapan  e-learning  bervariasi  sesuai
         dengan  kebutuhan  serta  situasi  dan  kondisi  institusi  masing-
         masing.  Untuk  pendidikan  bergelar  dan  jangka  panjang  seperti
         program  pendidikan  tinggi,  penerapan  e-learning pada  umumnya
         masih  dikombinasikan  dengan  penggunaan  media  cetak,  dan
         bahkan tatap muka. Di  UT, penerapan  e-learning difokuskan pada
         upaya  untuk  meningkatkan  tingkat  interaktivitas  mahasiswa




                                                                 415
   428   429   430   431   432   433   434   435   436   437   438