Page 5 - Belajar dan Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Praktek
P. 5
Kata Pengantar
endidikan jarak jauh merupakan penerapan prinsip-prinsip teknologi
P pendidikan untuk memecahkan masalah keterpisahan antara pengajar,
sumber belajar, dan pembelajar. Pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh
1ebih dil<endalikan oleh kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Oleb
karena itu, rancangan model Pendidikan Tinggi Jarak Jauh harus
memungkinkan seluruh program dan pelayanan dapat diakses oleh peserta
didik yang sebelumnya terkendala oleh jarak, ruang, dan waktu.
Suatu studi yang didasarkan pada 355 laporan penelitian menyatakan
bahwa secara konsisten tidak ada perbedaan basil belajar antara peserta didik
yang belajar melalui sistem belajar tatap muka dengan sistem belajar jarak
jauh. Dalam dunia pendidikan hal ini dikenal sebagai The No Significant
Difference Phenomenon. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila jumlah
negara yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh semakin lama semakin
bertambah, bukan hanya di negara-negara maju yang memiliki teknologi
tinggi, tetapi juga di negara-negara yang sedang berkembang seperti
Indonesia.
Secara resmi, Indonesia ikut menyelenggarakan pendidikan jarak jauh
sejak tahun 50-an, namun dalam skala besar baru mulai dilaksanakan pada
tahun 1984 melalui pendirian Universitas Terbuka (UT). Kendati telah
memiliki UT, pemahaman masyarakat tentang pendidikan jarak jauh masih
belum memadai, bahkan ada yang belum tahu sarna sekali. Baru 19 tahun
kemudian sejak berdirinya UT, Sistem Pendidikan Jarak Jauh memiliki
landasan hukum yang kuat dengan diundangkannya Undang-undang RI No.
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang tersebut
mencantumkan pendidikan jarak jaub sebagai modus pendidikan yang
berfungsi untuk memberikan layanan pendidikan kepada kelompok
masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka.
Dengan demikian, UT sebagai lembaga pendidikan tinggi jarak jauh merasa
perlu berbagi pengetahuan dan pengalarnan dalam penyelenggaraan
pendidikan jarak jaub dengan masyarakat akadernis di Indonesia sebagai
bentuk keikutsertaan UT dalarn pembangunan pendidikan di Indonesia untuk
mencapai visi pendidikan Indonesia yaitu menciptakan insan yang cerdas dan
kompetitif.