Page 38 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 38
Potret Tutor UT
26 Dalam kegiatan tutorial, Bambang juga itu ia berupaya mengenali berbagai karakter
mengutamakan tutorial dengan menggunakan mahasiswa. Dan ternyata, menurut Bambang,
teknologi informasi (TI). UT yang memiliki sistem ia menemukan mahasiswa UT yang tetap
pendidikan jarak jauh yang berbeda dengan kuliah memiliki semangat meski tergolong lanjut usia.
tatap muka, tentu saja akan mengoptimalkan Interaksi dengan beragam mahasiswa membuat
penggunaan teknologi. “Saya mesti menerapkan Bambang semakin menikmati perannya sebagai
strategi tutorial yang tidak kuno tapi sesuai tutor. Satu hal yang menjadi tantangan adalah
dengan perkembangan zaman,” ujar Bambang. ketika ditempatkan di Pokjar yang sangat jauh.
“Kondisi transportasi amat minim dan ekstrem,”
Satu metode lagi yang ia terapkan adalah ujarnya. Toh, ia tetap enjoy.
melakukan tutorial berbasis HOTS atau higher-
order thinking skills. Ini merupakan kemampuan Bambang memiliki beberapa harapan terhadap
berpikir dalam matematika yang mencakup UT agar pendidikan maju dan merata.
berpikir kreatif dan berpikir kritis. HOTS “Peningkatan honor tutorial serta agar UT
diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan Pokjar yang berkompeten dan
meningkatkan hasil belajar terkait matematika. berkualitas di seluruh daerah,”ujarnya di akhir
pembicaraan.
Tak hanya metode tutorial, Bambang juga
merasa perlu untuk selalu bisa memberikan
motivasi kepada mahasiswanya. Oleh karena