Page 116 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 116

Potret Tutor UT








          104     Kepala      Laboratorium       FKIP     Unmul      ini      sulit dijangkau. Hal yang biasa bila harus berganti
                  mengungkapkan selama tiga  belas  tahun                     kendaraan dari mulai pesawat, angkutan darat,
                  menjadi tutor di UPBJJ-UT Samarinda, dia                    sampai naik perahu atau sampan karena tidak
                  telah menangani sejumlah mata kuliah: antara                bisa dilalui mobil. Saya harus berangkat ke lokasi

                  lain Praktikum IPA di SD, Pembelajaran, IPA di              tutorial sehari sebelum tutorial dimulai dan
                  SD: Penelitian  Tindakan Kelas, Pemantapan                  pulang sehari setelah kegiatan tutorial selesai.”
                  Kemampuan Profesional, Evaluasi Pembelajaran

                  di  SD,  Materi  dan  Pembelajaran  IPA  di  SD,            Di beberapa daerah pelosok, lanjutnya,  para
                  Konsep Dasar IPA, dan Penulisan Karya Ilmiah.               mahasiswa UT berjuang dengan gigihnya. Sambil
                  Kepada seluruh mahasiswa  yang pernah                       mengajar atau memfasilitasi mahasiswa belajar,
                  dibimbingnya dia selalu memberikan motivasi                 ia  sekaligus belajar dari mereka yang memiliki
                  agar membiasakan diri belajar mandiri sehingga              banyak keterbatasan baik sarana maupun

                  mahasiswa selalu update dengan perkembangan                 prasarana. “Harapan besar saya agar pendidikan
                  ilmu pengetahuan.                                           di Indonesia lebih maju dan merata adalah
                                                                              bagaimana  kita  memelihara dan  meningkatkan

                  Ia pun menceritakan suka duka menjadi tutor.                apa  yang sudah kita lakukan selama ini,
                  “Dengan menjadi tutor di UPBJJ-UT Samarinda,                Bagaimana caranya agar hubungan komunikasi
                  saya bisa menjelajahi  wilayah Provinsi Kaltim              dengan mereka para mahasiswa UT di pelosok
                  bahkan sampai ke pelosok. Sungguh pengalaman                tersebut tetap terjalin baik sehingga kita tetap
                  yang menyenangkan sekaligus menambah                        bisa memantau keberadaan mereka. Kita pun

                  wawasan. Saya merasa senang karena punya                    dapat menyampaikan informasi kepada mereka
                  kesempatan ikut  mencerdaskan  anak bangsa                  mengenai perkembangan ilmu pengetahuan
                  sampai ke pelosok Kalmantan  Timur. Di balik                yang terjadi, sekaligus berbagi informasi

                  suka yang menyenangkan tak kurang pula duka                 lainnya terkait tugas utama mereka dalam
                  dialami karena jarak tempuh sangat jauh dan                 mengembangkan pembelajaran, harapnya.
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121