Page 187 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 187

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE




                                               rofesor Tian Belawati adalah
                                         Pdosen  FKIP  -  Universitas
                                          Terbuka (UT) dengan bidang minat
                                          pembelajaran  terbuka  dan  jarak
                                          jauh  (Open  &  Distance  Learning
                                          atau ODL). Setelah menyelesaikan
                                          studi  doktoralnya  pada  tahun
                                          1995,  Tian  Belawati    diberi
                                          tanggung jawab untuk memimpin
                                          Pusat Studi Indonesia pada tahun
               1996.  Kemudian,  pada  tahun  2001  hingga  2009  Tian  Belawati
               dipercaya menjadi Wakil Rektor bidang Akademik. Selama dua masa
               jabatannya  sebagai  Wakil  Rektor,  Tian  Belawati  menginisiasi  dan
               memimpin  pengembangan  banyak  inovasi  penggunaan  teknologi
               baru  untuk  ODL  seperti  tutorial  online,  sumber  daya  pendidikan
               terbuka (OER), ujian online, perpustakaan digital, sistem informasi
 176                                                                          177
               terintegrasi  untuk  pengembangan  materi  pembelajaran,  dan
               inisiatif berbasis TIK lainnya dalam pengajaran, pembelajaran dan
               administrasi  akademik.  Setelah  dua  periode  yang  sukses  sebagai
               Wakil Rektor, Tian Belawati kemudian diangkat sebagai Rektor UT
               selama  dua  periode  (2009-2013  dan  2013-2017).  Sebagai  Rektor,
               Tian  Belawati  secara  sistematis  memobilisasi  upaya  kemitraan
               dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas
               ODL,  mengembangkan  kepercayaan  publik  yang  lebih  besar  pada
               ODL,  dan  membangun  upaya  kolaborasi  dengan  lembaga  dan
               asosiasi ODL internasional dan regional.
   182   183   184   185   186   187   188   189   190