Page 58 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 58

(Sumber: APJJI, Profil Internet Indonesia, Desember 2012)

                                            Gambar 5.
                               Pengguna Internet berdasarkan Kelompok Usia

                 Berdasarkan berbagai informasi pada peringkat  e-readiness Indonesia yang
                 ditunjukkan pada  Tabel 1-3 dan data pengguna internet Indonesia pada
                 Gambar 4-5 di atas maka pemerintah perlu melakukan intervensi dalam hal
                 peningkatan e-readiness ini untuk optimalisasi pemanfaatan e-learning bagi
                 dunia pendidikan di Indonesia.  E-learning dapat dilakukan untuk berbagai
                 jenjang pendidikan, baik yang diselenggarakan secara tatap muka maupun
                 jarak jauh. Pada pendidikan tinggi tatap muka,  e-learning dapat menjadi
                 pengayaan untuk pembelajaran di kelas sehingga membantu dosen pada
                 pendidikan  tatap muka untuk meningkatkan  kualitas  perkuliahannya.
                 Pendidikan tatap muka yang memanfaatkan e-learning dikenal sebagai bentuk
                 pendidikan  blended-learning.  Pada  pendidikan  tinggi  jarak  jauh,  e-learning
                 bahkan dapat berfungsi sebagai media utama pembelajaran. Seperti yang
                 dikemukakan oleh Moore dan Kearsley (2012), pendidikan jarak jauh adalah
                 pengajaran dan pembelajaran yang direncanakan dimana pengajaran terjadi
                 pada  tempat  yang  berbeda  dari  pembelajar,  membutuhkan  komunikasi
                 melalui teknologi serta organisasi kelembagaan khusus. Melalui pendidikan


                 48
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63