Page 58 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 58
(Sumber: APJJI, Profil Internet Indonesia, Desember 2012)
Gambar 5.
Pengguna Internet berdasarkan Kelompok Usia
Berdasarkan berbagai informasi pada peringkat e-readiness Indonesia yang
ditunjukkan pada Tabel 1-3 dan data pengguna internet Indonesia pada
Gambar 4-5 di atas maka pemerintah perlu melakukan intervensi dalam hal
peningkatan e-readiness ini untuk optimalisasi pemanfaatan e-learning bagi
dunia pendidikan di Indonesia. E-learning dapat dilakukan untuk berbagai
jenjang pendidikan, baik yang diselenggarakan secara tatap muka maupun
jarak jauh. Pada pendidikan tinggi tatap muka, e-learning dapat menjadi
pengayaan untuk pembelajaran di kelas sehingga membantu dosen pada
pendidikan tatap muka untuk meningkatkan kualitas perkuliahannya.
Pendidikan tatap muka yang memanfaatkan e-learning dikenal sebagai bentuk
pendidikan blended-learning. Pada pendidikan tinggi jarak jauh, e-learning
bahkan dapat berfungsi sebagai media utama pembelajaran. Seperti yang
dikemukakan oleh Moore dan Kearsley (2012), pendidikan jarak jauh adalah
pengajaran dan pembelajaran yang direncanakan dimana pengajaran terjadi
pada tempat yang berbeda dari pembelajar, membutuhkan komunikasi
melalui teknologi serta organisasi kelembagaan khusus. Melalui pendidikan
48