Page 305 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 305

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      komunikasi  (TIK)  atau  information communication technology  (ICT)  adalah
                      teknologi yang biasanya digunakan untuk memproses data, mengelolanya,
                      kemudian menyusunnya, hingga menghasilkan data yang lebih berkualitas.
                      Untuk memproses dan mengolah data tersebut, dibutuhkan sebuah teknologi,
                      seperti komputer yang dihubungkan ke komputer lainnya.

                      TIK dimanfaatkan oleh manusia sebagai alat/media yang menjembatani
                      jarak. Komunikasi jarak jauh dapat dipermudah dengan adanya teknologi ini.
                      Telepon, internet,  video conference, dan sebagainya merupakan teknologi-
                      teknologi yang membantu komunikasi jarak jauh bagi umat manusia. Manusia
                      dapat menjaga hubungan dan komunikasi dengan yang lainnya tanpa
                      membayar biaya yang mahal. Telah tersedia beberapa  software  (perangkat
                      lunak) di komputer, smartphone, tablet, dan sebagainya untuk melakukan dan
                      menerima panggilan jarak jauh, seperti Skype, WeChat, Line, dan sejenisnya
                      (Clarissa Lavenia,  “TIK di Indonesia  http://komunikasi.us/index.php/course/
                      perkembangan-teknologi-komunikasi /1669-TIK-di Indonesia).

                      TIK mengalami perkembangan yang luar biasa pesat pada dekade terakhir ini.
                      Lembaga pendidikan di mana pun telah memanfaatkan teknologi informasi
                      ini untuk keperluan manajemen, mulai dari registrasi, proses belajar mengajar,
                      hingga evaluasi. Sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan sistem
                      pembelajaran jarak jauh, UT sangat berkepentingan terhadap perkembangan
                      teknologi ini. Melalui TIK, UT dapat terus meningkatkan layanannya kepada
                      mahasiswa.

                      Tidak  mau ketinggalan dengan lembaga penyelenggara pendidikan jarak
                      jauh, lembaga pendidikan konvensional pun telah menggunakan TIK sebagai
                      sarana pembelajaran. Siswa pendidikan sekolah dasar bahkan telah dikenalkan
                      materi pembelajaran menggunakan perangkat komputer. Intensitas
                      pembelajaran menggunakan TIK lebih meningkat pada pendidikan sekolah
                      menengah. Penelitian Sumintono menunjukkan bahwa guru SMP sains
                      telah menggunakan sarana internet sebagai media pembelajaran, sebanyak
                      70 persen dari pembelajaran sains di SMP di Indonesia telah menggunakan
                      fasilitas internet untuk proses pembelajar sains dan 80% guru sains di SMP
                      memiliki laptop pribadi (Sumintono, 2012).



                                                                                 295
   300   301   302   303   304   305   306   307   308   309   310