Page 86 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 86

Cyber University bagi Negeri









               84     G. Pengembangan Konten untuk Berbagai                       •  Tahap ketiga adalah mengembangkan produk
                      Skema                                                          konten seperti video lecture, video interaktif,
                                                                                     simulasi, game, dan bahan ajar digital interaktif,
                      Kegiatan pengembangan konten terdiri dari lima
                                                                                     disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran
                      tahap sebagai berikut.
                                                                                     jarak jauh.
                      •  Tahap         pertama        adalah        dengan
                                                                                  •  Tahap keempat adalah mengembangkan
                          mengidentifikasi  kebutuhan  program  sesuai
                                                                                     program dalam bentuk  mobile version yang
                          dengan kategori program yang dibutuhkan
                                                                                     dapat diakses oleh mahasiswa melalui
                          seperti program degree, non degree (sertifikat),
                                                                                     beragam gadget seperti desktop, laptop,
                          dan PMKM.
                                                                                     smartphones, dan iPad.
                      •  Tahap kedua adalah mengembangkan desain
                                                                                  •  Tahap kelima dari pengembangan konten
                          instruksional dan strategi pembelajaran
                                                                                     adalah menyusun strategi pengembangan
                          online yang disesuaikan dengan karakteristik
                                                                                     konten  baik  yang  bersifat  pengembangan
                          Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).
                                                                                     sendiri oleh dosen atau lokalisasi konten dari
                                                                                     OER.






                                                    Pelatihan Pembelajaran Daring bagi dosen- Sekolah Tinggi Manajemen PPM
































       Buku Dies 34__MASTER.indd   84                                                                                                       27/08/2018   08.39.30
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91