Page 14 - Media Komunikasi dan Informasi Dalam Pendidikan Jarak Jauh
P. 14

6                    MItDIA  KCMUNIKABI  DAN  INF"CAMABI  DALAM  PT.......










                              didik  memiliki  kebebasan  unJ mem, ,l me  ,a yang pa 109 sosua,  engao
                              kondisinya, kendala pemilihan media tidak akan terjadi.
                                 Dari  sejumlah  karakteristik  PJJ  yang  unik  serta  berbeda  dengan
                              pendidikan' tatap  muka,  satu  hal  yang  menjadi  fokus  bahasan  menarik  dan
                              terns berkembang dari waktu ke waktu adalah pemanfaatan media.  Penulisan
                              buku  ini  bertujuan  untuk  memberikan  wawasan  mengenai  mengapa  media
                              dimanfaatkan  dalam  sistem  pembelajaran  PJJ,  serta  ragam  media  apa  saja
                              yang dapat digunakan dalam penyelenggaraan  PJJ  serta bagaimana memilih
                              media yang tepat guna meneapai sasarannya, yaitu peserta didik.

                              B.	  MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM
                                 PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH


                              1.	  Pengertian dan Jenis Media
                                 Media  komunikasi  dalam  pendidikan jarak jauh  dapat  diartikan  dalam
                              berbagai pengertian ditinjau dari  berbagai  sudut pandang.  Penambahan kata
                              komunikasi  sebagai  satu  rangkaian  kata  dengan  media dimaksudkan  untuk
                              metlekankan  bahwa  media  atau  sarana  ini  digunakan  untuk  maksud
                              berkomunikasi.  Jadi  dapat disimpulkan  bahwa media komunikasi dalam  PJJ
                              adalah  sarana yang digunakan  untuk  berkomunikasi antara  pengajar dengan
                              pembelajar, dan antara pembelajar dengan pembelajar lainnya.
                                 Apabila media  ini  dikaitkan dengan  kegiatan  pembelajaran  maka dapat
                              diartikan  bahwa  media  ada/ah  a/at  komunikasi  yang  digunakan  untuk
                              membawa  informasi yang dimaksudkan  untuk pembe/ajaran  (Heinieh,  et.a/,
                              1996). Media pembelajaran selain digunakan  untuk menghantarkan kegiatan
                              pembelajaran  seeara  utuh  juga  dapat  dimanfaatkan  untuk  menyampaikan
                              bagian  tertentu  dari  kegiatan  pembelajaran,  seperti  untuk  memberikan
                              penguatan maupun motivasi.  Mengingat banyaknya ragam media yang dapat
                              dimanfaatkan  dalam  kegiatan  pembelajaran,  maka  untuk  memudahkan
                              mempelajari   media-media   tersebut   pada   umumnya   dilakukan
                              pengelompokan.
                                 Dalam  pemanfaatan  media  dalam  pendidikan  jarak  jauh,  Rowntree
                              (1996) mengemukakan empat kategori media yang pada umumnya digunakan
                              yaitu media eetak, media audio-visual, media praktikum dan media interaktif.
                              Media  eetak  merupakan  media  yang  telah  dikenal  berabad-abad  yang  lalu,
                              tetapi  tetap  merupakan  media  yang  paling  unggul  dan  tidak  terkalahkan.
                              Dalam  penyelenggaraan  PJJ  pemanfaatan  media  eetak  sangat  luas,  seperti
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19